• Home
  • Mixed Martial Arts

Mixed Martial Arts

Introduction of Mixed Martial Arts

Pada tahap ini latihan bisa dimulai dengan diet khusus karena dengan tubuh gemuk kecepatan petarung juga akan berkurang. Jadi bagi anda yang merasa gemuk, akan dibimbing untuk melakukan diet terlebih dahulu. Kenali terlebih dahulu beberapa gerakan seperti menangkis, menghindar, menyerang balik yang dilakukan dengan cara yang optimal. Mixed Martial Arts melatih konsentrasi daengan gabungan antara ketepatan, kecepatan, dan kekuatan yang maksimal. Pelajari juga tiga kategori dalam Mixed Martial Arts yaitu berlatih tanding, pertarungan berdiri, dan permainan tanah yang di dalamnya banyak sekali terdapat teknik.

 

Mixed Martial Arts Basic

Latihan ini dimulai dari pertarungan berdiri. Seperti yang kita ketahui olahraga beladiri dengan berdiri antara lain tinju, muay thai, dan kickboxing. Sehingga kita harus mempelajari teknik dari olahraga tersebut dalam pertarungan berdiri. Misalnya untuk muay thai sendiri yang dibutuhkan adalah pukulan dan tendangan yang dilakukan dengan berdiri. Latihlah pukulan sebaik mungkin seperti melakukan pukulan lurus ke depan, pukulan menyilang, dan pukulan melingkar. Untuk tendangan, lebih fokuskan tendangan lurus yang akurat dan menendang dengan lutut dengan cepat sebagai latihan dasar.

 

Teknik Lanjutan Mixed Martial Arts

Latihan Teknik dasar yang anda pelari seperti pukulan dan tendangan masih belum lengkap jika belum ditambah dengan teknik lanjutan seperti membanting. Teknik ini lebih didominasi oleh gaya bertarung judo yang memerlukan teknik membanting ke tanah dengan melempar. Latihan ini bisa diterapkan dengan gabungan gerakan pukulan dan mengikat lawan serta membatasi gerakan. Setelah itu pelajari teknik gulat dan gaya yang paling baik adalah gulat gaya bebas yang ditujukan untuk melumpuhkan lawan anda dengan teknik mengunci dan membanting.

 

Latihan dengan Teknik Beladiri Lain

Latihan selanjutnya adalah dengan pertarungan lantai yang biasa menggunakan teknik judo, gulat dan Brazilian Jiu Jutsu. Latihan ini ditujukan untuk berlatih mempertahankan diri dan mengalahkan lawan lewat teknik yang berhubungan dengan pertarungan lantai. Sebagai contoh adalah Brazilian Jiu Jitsu yang di dalamnya terdapat teknik gabungan antara mengunci, membanting, dan melempar yang digunakan untuk mengalahkan lawan. Agar lebih sukses dalam berlatih Mixed Martial Arts maka akan ditambahi juga dengan olahraga kardio sebagai pendukung latihan. 

 

Latihan Fisik dan Stamina

Seoorang petarung harus menyiapkan stamina fisik dan mentalnya sebelum bertanding di MMA. Hal itu seperti yang dilakukan oleh peserta bela diri secara umum. Namun perbedaannya, petarung MMA harus mempersiapkan fisiknya hingga seperti petarung jalanan. Siap kalah dengan wajah berdarah-darah atau pingsan di tengah pertandingan. Oleh karena itu, pesiapan stamina yang pertama harus dilakukan, yaitu dengan cara teknik angkat beban, jogging tiap hari, hingga latih tanding muay thai atau kickboxing.

Seorang pelatih atau instruktur MMA sebelum melatih petarungnya tentu sudah memahami kondisi fisik dan mentalnya terlebih dahulu. Dengan tujuan, dia dapat memberikan porsi latihan dan macam latihan yang sesuai untuk petarungnya. Kualitas dari seorang petarung bukan hanya dari skill beladirinya, tetapi juga stamina dan kekuatannya saat bertanding. Oleh karena itu, seorang petarung MMA biasanya lebih berat latihan fisiknya daripada seorang atlet bela diri.